CINTA TAK HARUS MEMILIKI

19 Feb 2008

Buat aku mengambil keputusan bercerai adalah keputusan yang sangat sulit. Ini adalah keputusan TERBURUK diantara semua yang BURUK…. Dalam hidup ini ketika menikah, sama sekali aku tidak membayangkan bahwa perceraian adalah sesuatu hal yang akan kulewati (walaupun belum sepenuhnya bercerai), tetapi menjadi single parent dalam kurun waktu setahun lebih 3 bulan ini, kujalani hidupku seorang diri sebagai orang tua dari ketiga anakku.

Cinta tidak harus memiliki… Kalau ditanya masih cinta? Jawabnya, masih…. Tapi buat aku, dalam hubungan suami istri ini tidak cukup hanya dengan cinta, harus ada saling menghargai, menghormati, saling menyayangi, saling berbagi peran, saling tidak menyakiti…Adanya keseimbangan dalam hak dan kewajiban, dan buat aku pemimpin adalah tetap LAKI-LAKI dalam sebuah keluarga, tetapi anggota keluarga juga berperan dalam pengambilan keputusan…. Contoh yang ada ketika aku dulu di keluargaku (keluarga Surabaya) adalah, ketika ayahku akan mengambil keputusan, biasanya forum dibuka, dan semua boleh mengeluarkan pendapat, dan ayah akan mengambil keputusan setelah semua setuju, bukan keputusan satu individu saja….

Draft perdamaian yang diberikan hakim, sebagian besar diambil dari draft yang aku buat, tapi itu pun menurut aku masih kurang…. Draft yang dibuat hakim adalah sangat ideal untuk sebuah pernikahan yang tidak ada masalah. Aku yang pada akhirnya membawa persoalanku hingga ke Pengadilan Agama, karena aku merasa ada yang tidak beres di antara hubungan suami istri ini.

Setelah mediasi yang berujung pada dead lock, akhirnya gugatan pun aku teruskan… (aku sudah tahu bahwa mediasi ini akan dead lock, karena kami sudah sering melakukan mediasi saat dulu bersama para mediator dan semuanya berakhir dengan sia-sia, karena kesepakatan2 yang dibuat, kebanyakan dilanggar, jadi kemudian mentah lagi….

Cinta tak harus memiliki…. 17 tahun lebih sudah aku dekat dengan suamiku, tidak bisa dipungkiri dalam kurun waktu tersebut ada banyak kenangan yang kulewati baik dalam suka maupun duka, segala kelucuan, keromantisan, kemarahan, dan kesedihan bercampur jadi satu di 17 tahun tersebut….

Cinta tak harus memiliki, yah, kalau pada akhirnya cerai yang kupilih, aku merasa bahwa, daripada sebuah rumah tangga saling menyakiti, saling menghujat, saling memaki, dan saling-saling yang lainnya, maka akan lebih baik untuk mental aku, suamiku dan anak2ku untuk berpisah, daripada dekat tapi berbau busuk, lebih baik jauh tapi wanginya tercium semerbak…. Daripada anak2ku melihat orang tua nya berkonflik, lebih baik aku berpisah, sambil terus memberikan kasih sayang yang luar biasa kepada anak2, sehingga mereka tidak akan merasa kehilangan cinta kedua orang tuanya…

Cinta tak harus memiliki, yah…. aku cinta dan sayang kepada Dhani (terlepas dari apapun yang dia lakukan terhadapku), itu karena Dhani adalah ayah dari anak2ku. Aku akan terus menghormati dia sebagai guruku, ayah dari anak2….dan juga apapun aku banyak belajar dari dia….BYE MY LOVE……


TAGS


-

Author

Follow Me


Categories

Archive